Bisnis Online

Published on March 13th, 2018 | by Trisna Budhiarta

Seberapa jauh Anda mengenal Internet Marketing?

Apakah Anda mengenali hal yang paling aneh tentang kebanyakan internet marketer? Seberapa jauh Anda mengenal Internet Marketing?  Mereka mengatakan bahwa mereka adalah internet marketer namun mereka tidak tahu banyak tentang apa sesungguhnya internet marketing atau bagaimana cara menghindari “jebakan batman” dalam internet marketing !

Jika bidang internet marketing telah Anda masuki, Anda akan melihat bahwa beberapa situasi memaksa para internet marketer seakan “menghisap darah” newbie para calon internet marketer, murid sekaligus konsumen mereka. Inilah salah satu jebakan yang harus dihindari saat berhubungan dengan internet marketing.

Apa itu internet marketing dan juga beberapa manfaatnya?

Internet marketing adalah bentuk promosi yang relatif murah ketika sampai pada biaya mencapai target audience. marketer bisa menjangkau khalayak yang luas untuk sebagian kecil dari biaya iklan konvensional. Internet marketing memungkinkan pelanggan untuk mengeksplorasi dan membeli produk dan layanan dengan kecepatan mereka sendiri.

Konsekuensinya, bisnis ini memberi keuntungan menarik bagi calon pelanggan dengan metode yang dapat memberikan hasil instan. Skema dan total efektivitas dari kampanye marketing bergantung pada sasaran bisnis dan pengetahuan yang benar. Internet marketer juga memiliki keuntungan untuk menilai statistik dengan mudah dan murah. Hampir semua aspek kampanye internet marketing dapat diuraikan, diukur, dan diperiksa.

Internet marketer juga memiliki beragam pilihan iklan. Pengiklan dapat menggunakan berbagai metode: pay per impression, pay per click, pay per play, atau pay per action.

Akibatnya, marketer dapat memutuskan pesan atau penawaran mana yang lebih menarik bagi audiensnya. Hasil kampanye iklan dapat diukur dan dilacak sekaligus karena kampanye iklan pemasaran online biasanya mengharuskan pengguna mengeklik iklan, mengunjungi situs web, dan menjalankan tindakan yang ditargetkan.

Pelacakan jenis ini tidak dapat dicapai melalui pemasaran billboard, di mana orang akan tertarik, kemudian membuat keputusan untuk mendapatkan lebih banyak informasi pada waktu yang berbeda. Apa yang internet marketing TIDAK lakukan adalah memaksa teman dan saudara Anda untuk membeli produk Anda atau mendengarkan Anda mencoba merekrut mereka untuk peluang bisnis Anda.

Ya…saya tidak akan membuat Anda ngantuk dengan definisi teknis tentang apa itu internet marketing, kembali ke laptop..eh tujuan kita, kita perlu memahami bahwa internet marketing adalah tentang LEVERAGE. (Leverage adalah kemampuan untuk mempengaruhi situasi atau orang sehingga Anda bisa mengendalikan apa yang terjadi).

Seperti Anda tahu, seseorang menang melawan keinginannya, masih memiliki pendapat yang sama. Jika Anda harus memaksa orang lain untuk membeli produk Anda, Anda bukan “memasarkan” – tapi yang Anda lakukan adalah “menjual”, dan contoh ini sebenarnya adalah termasuk HARD SELLING. (Hard Selling adalah teknik promosi yang dilakukan secara langsung tanpa pendekatan dan to the point, istilah hits-nya ‘take it or leave it’, promosi yang memaksa, pilihannya hanya dua ‘beli atau gak beli’. Sebaliknya, Soft Selling adalah teknik promosi yang dilakukan secara persuasif dengan kata lain teknik marketing yang tidak disampaikan secara “…to the point”. Istilah umumnya, pendekatan terlebih dahulu supaya dapat memupuk kepercayaan konsumen. Soft selling bertujuan menjalin hubungan nyaman dengan konsumen yang diarahkan kelak kepada penjualan.)

Individu tidak menghargai penjualan seperti ini (hard selling) dan ini perlu dipahami tentang internet marketing. Bayangkan menerima 30 telepon atau pesan dari orang tak dikenal setiap hari meminta Anda membeli barang yang tidak Anda butuhkan.

Anda harus menyadari bahwa internet marketing bergantung pada leverage untuk menghindari jebakan. Pikirkan tentang ‘merek’ terbesar di dunia – Nike, Estee Lauder, Louis Vuitton, Celine Dion, Steven Spielberg, dll. Nama seperti ini tidak perlu diragukan lagi demi meyakinkan Anda seberapa bagusnya nama mereka. Merek mempresentasikan kualitas mereka….

Jadi, kecuali jika Anda dapat memasarkan bisnis Anda dengan cara yang tidak memerlukan hard selling, Anda harus merestrukturisasi dan belajar menghindari perangkap atau risiko yang tampak seperti penjual yang menyebalkan. Anda mungkin berpikir saya “lebay” dengan mempertanyakan posisi Anda sedang dalam pemasaran atau bukan … jika demikian Anda mungkin perlu lebih realistis lagi…serius…

Jangan Percaya Anda Bisa Menjual sebuah Mobil pada Bayi !

Perangkap yang umum saya lihat dengan internet marketer ketika harus merencanakan strategi internet marketing mereka, mereka tidak melihat target audiens secara serius, bahkan ketika mereka menulis konten untuk situs mereka.

Sebaliknya, mereka menulis konten membosankan yang berpusat pada mereka – siapa mereka, bagaimana Anda dapat menemukannya, mengapa hal itu penting, dll. Materi membosankan tidak hanya membosankan, tapi juga tidak akan menarik pengunjung yang diinginkan dan menarik pengunjung yang datang dari situs pencarian.

“Jebakan betmen” internet marketer lainnya adalah mereka terus percaya bahwa bisnis internet marketing mereka akan meledak, namun mereka tidak menyadari bahwa prospek yang Anda ajak bicara mungkin tidak melihatnya seperti ini.

Jangan membuat kesalahan, jika Anda memasarkan ke kelompok yang salah, seperti: mencoba menjual mobil ke bayi, tidak masalah seberapa cepat Anda mengira mobil Anda melaju, namun ‘calon pelanggan’ tidak menginginkannya atau membutuhkannya. ! Dengan menyadari hal ini dalam konteks internet marketing, Anda akan memahami bahwa sebagian besar prospek yang Anda ajak bicara, juga termasuk semua individu dalam daftar Anda, bukanlah individu yang diinginkan untuk bergabung dengan affiliate Anda atau membeli produk Anda.

Anda perlu memahami bahwa kandidat yang bagus tidak selalu ‘mencari’ Anda. Mereka mencari untuk memecahkan masalah atau mendapatkan informasi. Mungkin, mereka akan menemukan Anda dan Anda akan membantu mereka mengatasi masalah mereka melalui informasi bermanfaat secara online. Jika Anda memberi nilai tambah, Anda harusnya bisa medapatkan banyak pengunjung ke situs Anda dan tertarik untuk mendapatkan l”free report” atau bergabung dengan newsletter Anda sehingga Anda dapat ‘terus maju dimulai dengan komunikasi melalui e-mail atau komentar di situs Anda.

Untuk menarik prospek yang tepat, Anda perlu memikirkan target audiens Anda. Pikirkan berbagai karakter yang menggambarkan auidens Anda. Apakah mereka berusia 35 tahun tinggal di rumah orang tua mereka? Jika ya, bagaimana pendapat mereka dan jenis pola komunikasi mereka seperti apa? Materi apa saja yang mungkin mereka cari yang berhubungan dengan produk atau layanan Anda? Apa yang mereka lakukan ‘menghantui’ secara online? Apakah Anda memiliki beberapa karakter yang dapat Anda pakai?

Beberapa orang percaya bahwa beberapa kerabat mereka akan bergabung karena kegemaran mereka, namun kenyataannya kerabat Anda tidak peduli. Mereka tidak ingin memulai bisnis baru, dan merasa nyaman dalam menyongsong masa depan mereka dan bahkan tidak membutuhkan produk Anda untuk memulai. Sederhananya, seorang individu yang cerdas akan memilah prospek mereka daripada mencoba terus-menerus ke satu calon prospek saja, ini seperti membenturkan kepala mereka ke dinding.

Orang-orang di sebagian besar lingkaran pemasaran internet tidak mengajari Anda hal ini. Mereka mengatakan kepada Anda bahwa setiap orang adalah hot prospect, namun sebenarnya Anda harus berpusat pada orang yang tepat dan memberi mereka kesempatan yang tepat pada saat yang tepat. Jika Anda berada di internet marketing, jangan terlalu naif yang percaya bahwa produk Anda adalah ‘yang terbaik di dunia’ dan setiap orang pasti ingin memilikinya.

Ingat!

Pilih pasar Anda dengan bijaksana dan pusatkan target pasar Anda. Sesuaikan produk atau kesempatan Anda kepada individu yang sudah selaras dengan ide suatu produk sehingga waktu Anda terbuang tidak sia-sia…

Tags: , ,


About the Author

Aktif serta menjadikan bidang internet marketing sebagai lifestyle business, menaruh minat terhadap affiliate marketing, Facebooks Ads, Web Developing, E-Commerce serta tidak segan berinvestasi pada tools dan software penunjang guna mendapatkan goal yang terukur, sustainable dan hemat waktu, serta siap membagikannya untuk Anda.



Back to Top ↑