Cara setup WordPress di server localhost

Cara setup WordPress di server localhost
 

Selamat datang di Blogtrisna.com, saya Trisna Budhiarta.  Kali ini saya akan membagikan video tutorial mengenai cara setup wordpress untuk website kita dengan menggunakan serverlocalhost.  Bagi yang belum mempunyai domain dan hosting, cara ini sangat membantu anda untuk membangun website lebih hemat dan Anda dapat mematangkan isi website Anda sehingga, ketika Anda sudah siap anda bisa upload ke hosting berbayar anda.

Mengapa WordPress?

Karena wordpress merupakan sebuah aplikasi open source yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog, dan karena kemampuannya, wordpress juga digunakan sebagai CMS (content Management System).  Selain itu wordpress juga mempunyai banyak keunggulan, seperti mempunyai banyak plugin (program tambahan) yang selalu berkembang, contohnya plugin anti spam, plugin form kontak, album foto dsb. Sebelum memulai langkah-langkah set up wordpress, sebaiknya kita mempersiapkan file2 untuk proses instalasi. Sbb;

  1. Server Localhost Xampp dimana di dalamnya ada modul Apache dan Sql.
  2. WordPress dapat anda download di wordpress.org/tag/download.
  3. Themes, wordpress mempunyai themes default, yaitu themes bawaan dari wordpress sendiri, anda bisa mendownload ratusan theme dari wordpress baik premium maupun gratis (biasanya terbatas fasilitasnya).

 

Share This Page to download File XAMPP & WORDPRESS 4.8.1
File XAMPP & WORDPRESS 4.8.1
 

 

Baik, untuk pertama-tama setelah kita download ke 3 file tersebut,

  1. Jalankan instaler XAMPP, ikuti proses instalasi XAMPP sesuai wizard instalation nya;
  2. Buka program XAMPP yang baru anda instal ==> klik start lalu klik All Program, klik folder XAMPP, arah kan kursor ke XAMPP Control Panel, klik kanan lalu Run as administrator, muncul wizard user account control, lalu klik tombol Yes. (Ingat selalu buka XAMPP Control Panel dengan Run as administrator, karena selain itu tidak akan berjalan dengan baik server localhost nya) ==> Setelah program XAMPP Control Panel terbuka, silakan klik tombol start pada module apache dan Sql, lalu minimize atau close program tersebut.
  3. Pilih file wordpress yang sudah anda download, masih dalam format zip, silakan anda extract; ==> folder hasil extract silakan diganti nama folder/rename menjadi nama website yang anda inginkan, misalnya “belajarblog
  4. Salin/copy folder wordpress yang sudah anda rename “belajarblog”, lalu buka Drive Lokal Disk (C), lalu buka folder xampp, dan buka folder htdocs, kemudian silakan paste folder yang anda copy tadi;
  5. Buka browser anda, pada alamat url bar ketik localhost yang akan menuntun ke localhost/dashboard ==> di kanan atas ada menu phpMyAdmin, silakan klik menu tersebut, ( Atau anda bisa langsung ketik localhost/phpmyadmin/ )
  6. Membuat database , klik tombol basis data, masukan nama database yang ingin anda buat, misalnya anda mau membuat website dengan nama belajarblog, anda bisa membuat database dengan nama belajarblog_db.
  7. Kemudian Buka browser anda, pada alamat url bar ketik localhost/belajarblog yang akan menuntun ke localhost/belajarblog/wp-admin/setup-config.php

==>  setup bahasa, silakan pilih bahasa yang anda inginkan,
lalu klik continue ==>  ikuti petunjuk berikutnya,
langsung klik let’s go ==>  lalu isi kolom Database Name dengan nama database yang sudah kita buat sebelumnya (belajarblog_db), Username dengan “root” tanpa tanda petik, Password dikosongkan saja, Database host isi dengan “localhost” tanpa tanda petik, table Prefix abaikan saja,
lalu klik tombol Submit ==> klik Run instal ==>  Kemudian isikan informasi yang diperlukan Site Title, Username, Password, dan Email Anda. Penting untuk diingat isian tersebut harus anda ingat, caranya? ketik di notepad anda dan simpan.  Jadi sewaktu-waktu diperlukan tinggal copas saja.
==> Masuk ke halaman login WordPress, Silakan masukan data login yang tadi telah dicatat. Sekarang Anda telah masuk ke Dashboard WordPress anda,  yang berarti cara setup Worpress Anda telah selesai.

Demikian nantikan video tutorial berikutnya, semoga bermanfaat!!

Tags: , , , , ,


About the Author

Aktif serta menjadikan bidang internet marketing sebagai lifestyle business, menaruh minat terhadap affiliate marketing, Facebooks Ads, Web Developing, E-Commerce serta tidak segan berinvestasi pada tools dan software penunjang guna mendapatkan goal yang terukur, sustainable dan hemat waktu, serta siap membagikannya untuk Anda.



Back to Top ↑