Bisnis Online

Published on October 4th, 2017 | by Trisna Budhiarta

6 Prinsip Internet Marketing dengan Newsletter

Hai selamat datang di blogTrisna.com,

Pertama-tama silakan klik like pada FB saya,  dan kali ini saya membagikan artikel yang menarik untuk Anda. Selamat membaca, semoga bemanfaat!!

Menurut laporan terbaru dari McKinsey Global Institute, “rata-rata tenaga kerja” menghabiskan sekitar 28 persen dari beban kerja harian untuk memeriksa, merespons dan memproses email.

Dengan kata lain, kita menghabiskan lebih banyak waktu dan perhatian pada email daripada situs lainnya, bahkan situs jejaring sosial seperti Facebook, Instagram atau Twitter.

Selain itu, tingkat konversi pemirsa email ke pelanggan bisnis jauh lebih tinggi daripada situs sosial.

Laporan Triwulanan Eternet Monetate menunjukkan bahwa tingkat tukar email rata-rata adalah 3,2%, lebih dari lima kali 0,6% dari jejaring sosial.

Jika buletin e-mail dianggap sebagai alat pemasaran dan bisnis paling berharga dan efektif dalam paket bisnis online, artinya newsletter tidak dapat diabaikan. Hal berikut untuk meningkatkan kualitas newsletter.

1. Konten
Langkah terpenting dalam membangun daftar penerima email adalah yang paling sulit.
Newsletter bisnis Anda pertama-tama harus bernilai, berarti, dan sangat menarik bagi penerimanya. Hanya bila informasi ini berguna, pembaca baru ingin terus menerima email, membuka pesan, membaca dan memutuskan untuk membagikannya. Oleh karena itu, kumpulkan, simpan dan gunakan informasi dan konten terbaik untuk pelanggan.

2. Nilai
Jangan terburu-buru meminta orang untuk berlangganan e-mail secara berkala sebelum memberikan alasan mengapa hal itu akan berharga bagi mereka.

Mengapa mereka harus membaca surat bisnis? Seberapa bergunanya bagi mereka? Dengan cara yang lebih spesifik, apa yang mereka dapatkan jika mereka berlangganan? “Mendaftar untuk mendapatkan newsletter gratis” adalah panggilan yang sangat membosankan dan kosong, jadi sebaiknya tidak menggunakan pernyataan itu.

3. Fokus
Hanya bila informasi ini berguna, pembaca baru ingin terus menerima email, membuka pesan, membaca dan memutuskan untuk membagikannya.
Manfaatkan situs bisnis sebagai saluran utama untuk memanggil orang untuk berlangganan newsletter. Gunakan aplikasi elektronik (pop up) yang dirancang sekilas mungkin dan muncul di beranda.

Tapi jangan lupa untuk menempatkan aplikasi di setiap halaman atau posting blog dan bahkan, jika mungkin, sebagai halaman arahan.  Ini adalah halaman situs dengan tujuan utama membuat orang masuk dengan meninggalkan alamat email atau nama mereka (jika diperlukan). Halaman ini juga mencantumkan manfaat dan nilai newsletter.

4. Promosi
Gunakan domain respons URL di semua platform media sosial lainnya, tautkan ke semua posting, bahkan muncul di kartu nama atau media cetak lainnya. Dimanapun perwakilan bisnis muncul, buletin bisnis juga disebutkan dan diperhatikan.

5. Konsistensi
Semakin pentingnya sebuah perusahaan menangani pengiriman newsletter, semakin banyak pelanggan merasakan pentingnya apa yang mereka terima. Buat jadwal pengiriman email dan ikuti selalu.

6. Personalisasi
Personalisasikan konten langsung dari proses registrasi sehingga pembaca merasa bisnis lebih bersahabat, lebih dekat. Kemudian surat konfirmasi pendaftaran, surat undangan dan surat berkala harus sangat lembut.

Untuk melakukannya, setiap surat yang dikirim harus merasa seperti ditulis kepada individu daripada kelompok pelanggan umum atau surat penjualan kepada calon pelanggan. Namun, jangan terlalu ramah karena bisa membuat si penerima merasa tidak nyaman.

Terima kasih sudah membaca artikel saya, jika dirasa bermanfaat silakan share pada media sosial Anda di bawah ini.

Salam sukses!!

Tags: , , , ,


About the Author

Aktif serta menjadikan bidang internet marketing sebagai lifestyle business, menaruh minat terhadap affiliate marketing, Facebooks Ads, Web Developing, E-Commerce serta tidak segan berinvestasi pada tools dan software penunjang guna mendapatkan goal yang terukur, sustainable dan hemat waktu, serta siap membagikannya untuk Anda.



Back to Top ↑